Saturday, October 6, 2018

Mengenal Bab - Bab Komputer Dan Fungsinya Beserta Gambarnya

Mengenal Bab - Bab Komputer Dan Fungsinya Beserta Gambarnya - Hallo sahabat Information Technology, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Mengenal Bab - Bab Komputer Dan Fungsinya Beserta Gambarnya, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Komputer Dasar, Artikel Pemula, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Mengenal Bab - Bab Komputer Dan Fungsinya Beserta Gambarnya
link : Mengenal Bab - Bab Komputer Dan Fungsinya Beserta Gambarnya

Baca juga


Mengenal Bab - Bab Komputer Dan Fungsinya Beserta Gambarnya

Bagian - serpihan Komputer terdiri dari beberapa jenis. Namun secara umum perangkat komputer mempunyai dua buah serpihan inti yaitu perangkat keras dan perangkat lunak. Sebagaimana kita tahu, perangkat keras merupakan komponen atau serpihan dari komputer berupa fisik yang sanggup kita sentuh. Sedangkan perangkat lunak, ialah serpihan dari komputer yang berwujud digital yang tidak sanggup kita sentuh.

Namun pada kesempatan ini, kita hanya ingin membahas sebuah bahan yang seharusnya menjadi pembahasan kita pada permulaan bahan di blog ini. Namun alasannya ialah satu hal, serpihan pengenalan perangkat atau serpihan - serpihan komputer kita bahas pada kesempatan dikala ini. Tidak mengapa alasannya ialah ilmu komputer tidak harus anda mulai dari hal - hal yang dasar.

Baiklah, apa yang akan kita bahas pada kesempatan ini bahwasanya sangat general. Dan ini juga sebuah bahan yang khusus bagi anda yang membutuhkan gosip sangat dasar mengenai beberapa serpihan dari sebuah komputer. Sebagaimana telah dijelaskan diatas, bahwa ada dua serpihan penyusun komputer yaitu perangkat keras dan perangkat lunak.

Khusus mengenai perangkat keras komputer, telah dibahas di blog ini pada kesempatan yang sudah lewat. Makara pada kesempatan ini tidak akan dibahas lagi secara detail. Silahkan merujuk pada artikel sebelumnya.

Baca di sini : Perangkat Keras Komputer dan Fungsinya

Di kesempatan ini, kita akan mengulang pembahasan secara umum ihwal beberapa serpihan dari komputer beserta klarifikasi singkatnya.

Bagian - Bagian Komputer dan Fungsinya


Mungkin anda masih ingat ketika kita pertama kali mendapat pelajaran komputer di Sekolah Dasar. Materi yang diajarkan ialah bagian-bagian perangkat komputer. Apakah anda masih ingat apa saja itu ? Inilah pembahasan mengenai komponen atau serpihan dari perangkat komputer ala sinaukomputer.net.

1# - Perangkat Keras Komputer


 serpihan Komputer terdiri dari beberapa jenis Mengenal Bagian - Bagian Komputer Dan Fungsinya Beserta Gambarnya

Sebuah Personal Copmuter (PC) secara fisik sanggup kita lihat, terdiri dari beberapa serpihan yaitu Monitor, CPU, Keyboard & Mouse. Itulah yang kita katakan dengan perangkat keras. Yaitu serpihan - serpihan komputer yang sanggup kita lihat secara fisik dan sanggup kita sentuh. Nah, kini kita bahas secara singakt satu - persatu dari komponen tersebut.

1. CPU (Central Processing Unit)


 serpihan Komputer terdiri dari beberapa jenis Mengenal Bagian - Bagian Komputer Dan Fungsinya Beserta Gambarnya

Dari dulu kita mengenal sebuah kotak balok yang tingginya tidak lebih dari satu meter tersebut dengan naman CPU. Biasanya serpihan ini diletakan di bawah meja, pada zaman sisem operasi "DOS" diletakan di bawah monitor. Atau terkadang juga kita melaihat kini CPU diletakkan di sisi kanan monitor.

Di dalam kotak tersebut terdapat aneka macam perangkat - perangkat penting yang menciptakan komputer kita berfungsi sebagaimana mestinya. Di dalam box CPU tersebut itulah yang kemarin kita bahas dalam satu bahan khusus yaitu perangkat keras komputer. Untuk mengetahui lebih lanjut, silahkan anda baca kembali di link diatas yang sudah aku sertakan.

2. Monitor

 serpihan Komputer terdiri dari beberapa jenis Mengenal Bagian - Bagian Komputer Dan Fungsinya Beserta Gambarnya

Belajar mengenai serpihan - serpihan komputer dan fungsinya beserta gambarnya selalu saja kita berurusan dengan perangkat yang satu ini. Kalau kita melihat dari sudut pandang sistem, monitor merupakan serpihan atau komponen output dari sebuah perangkat komputer. Monitor berperan sebagai display atau tampilan yang diinformasikan dan diproses di dalam CPU.

3. Keyboard & Mouse

 serpihan Komputer terdiri dari beberapa jenis Mengenal Bagian - Bagian Komputer Dan Fungsinya Beserta Gambarnya
Kalau anda bertanya kepada anak - anak sekolah dasar yang sudah mendapat pelajaran komputer. Sebutkan bagian-bagian perangkat komputer yang paling kau ketahui ? Mereka dengan impulsif akan menjawab Mouse atau Keyboard. Tidak salah, memang dua perangkat ini termasuk serpihan - serpihan komputer yang mempunyai fungsi penting.

Berbeda dengan Monitor, jikalau ditinjau dari sistemnya, dua benda ini termasuk komponen input Keyboard & Mouse berfungsi untuk memperlihatkan perintah atau masukan kepada CPU untuk diproses dan kemudian ditampilkan dalam layar monitor. Keyboard secara khusus berfungsi untuk memperlihatkan perintah berupa karakter angka tau abjad dan juga simbol. Sedangkan mouse, memperlihatkan perintah enter, option dan juga geser.

Baca : Cara memakai Keyboard & Mouse

2# - Perangkat Lunak Komputer (Software)


Belajar mengenal serpihan - serpihan komputer dan fungsinya, mau tidak mau kita niscaya membahas dua hal ini. Pertama yang sudah kita bahas ialah perangkat keras, dan kini perangkat lunak atau Software. Kalau kita ambil definisi bebas, perangkat lunak merupakan komponen atau serpihan dari komputer yang mempunyai wujud digital yang tidak sanggup kita sentuh secara fisik.

Komponen ini ibarat ruh pada komputer. Sebuah PC tanpa perangkat lunak tidak akan sanggup anda gunakan untuk apapun. Begini secara mudahnya. Komputer itu, merupakan benda yang sanggup kita perintah sesuai dengan fitrahnya sebagai komputer. Namun untuk melaksanakan perintah tersebut kita membutuhkan bahasa atau komponen yang sanggup menghubungkan kita dengan komputer. Itulah perangkat lunak.

Tanpa perangkat lunak anda tidak sanggup menciptakan komputer memainkan sebuah lagu kesayangan anda. Anda juga tidak sanggup menyuruhnya menulis untuk mengerjakan kiprah - kiprah atau pekerjaan anda. Untuk menggambar, dan lain sebagainya.

Baca selengkapnya : 10 macam perangkat lunak komputer yang perlu anda ketahui

Itulah peranan penting serpihan ini. Software atau perangkat lunak komputer terdapat aneka macam jenis dan macamnya yang mempunyai fungsi berbeda - beda. Namun ada yang paling penting, yaitu sebauh sistem operasi dasar yang menyatu dengan perangkat keras yang merupakan ruh dari sebuah komputer.

Jangan lewatkan juga :
Sepertinya itu saja yang sanggup kita bahas pada kesempatan ini. Sekali lagi, ini ialah bahan ilmu komputer yang sangat dasar sekali. Namun tidak ada salahnya kita ulas lagi untuk sekedar menambah wawasan kita semua. Semoga bahasan tengan serpihan - serpihan komputer dan gambarnya serta fungsinya sanggup bermanfaat.



Demikianlah Artikel Mengenal Bab - Bab Komputer Dan Fungsinya Beserta Gambarnya

Sekianlah artikel Mengenal Bab - Bab Komputer Dan Fungsinya Beserta Gambarnya kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Mengenal Bab - Bab Komputer Dan Fungsinya Beserta Gambarnya dengan alamat link https://ankerrr.blogspot.com/2018/10/mengenal-bab-bab-komputer-dan-fungsinya.html


EmoticonEmoticon