Sunday, August 5, 2018

Mengenal Microsoft Excel 2007

Mengenal Microsoft Excel 2007 - Hallo sahabat Information Technology, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Mengenal Microsoft Excel 2007, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Microsoft Excel, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Mengenal Microsoft Excel 2007
link : Mengenal Microsoft Excel 2007

Baca juga


Mengenal Microsoft Excel 2007

Mengenal Microsoft Excel 2007 – Microsoft Ofice merupakan software yang digunakan untuk perkantoran. Diantaranya yang paling banyak digunakan ialah Microsoft Word dan Microsoft Excel. 

Kali ini kita akan mencoba mengenalkan ihwal Microsoft Excel.

Sobat komputer dimanapun anda berada supaya tetap sehat dan selalu semangat. Kita jumpa lagi bersama sinaukomputer.net untuk berguru komputer online gratis.

Kali ini kita akan mencoba untuk mengenalkan ihwal software yang sangat penting. Khususnya untuk perhitungan dan pengolahan data yaitu Microsoft Excel 2007.

Pengertian Microsoft Excel


 Microsoft Ofice merupakan software yang digunakan untuk perkantoran Mengenal Microsoft Excel 2007

Microsoft Excel merupakan software dari microsoft yang didesain untuk pengolahan data. Bisa berupa operasi matematis yang sederhana ibarat penjumlahan atau perkalian, hingga hingga pada persamaan yang rumit. 

Microsoft Excel berbeda dengan Microsoft Word. Pada Microsoft Excel lembar kerja berupa kolom- kolom. Tiap kolom memiliki nama tersendiri secara berurutan. Nanti kita akan mencoba lebih mengenal microsoft excel secara detile pada pembahasan – pembahasan selanjutnya.

Fungsi Microsoft Excel


Microsoft Excel memiliki fungsi yang sangat banyak dan penting. Beberapa fungsi yang sering digunakan ialah untuk membantu mengolah data. 

Data operasi matematis ibarat penjumlahan atau perkalian apabila tidak terlalu banyak sanggup kita selesaikan dengan manual. 

Tetapi apabila jumlah data yang akan kita hitung berjumlah ribuan data,  tentu kita akan sangat kesulitan. 

Nah disinilah tugas sebuah software Microsoft Excel  untuk membantu pekerjaan kita.


Mengenal Microsoft Excel 2007 atau ms Excel 2007


Dahulu kita pertama kali mengenal microsoft word 2007. Meskipun pelajaran microsoft word 2007 belum rampung, tidak mengapa kita mencoba untuk mengenal yang microsoft excel 2007.  Nah mari kita mulai saja pembahasan kali ini.

Mengakses/ membuka Program Microsoft Excel 2007


Untuk mengakses Microsoft Excel tidaklah berbeda dengan Microsoft Word yang telah kita pelajari. Sobat sanggup masuk lewat start menu, atau lewat shortcut yang ada pada dekstop. Tentu teman sudah paham dan tidak perlu dijelaskan lagi yah.

Bagian- bab Microsoft Excel


Tidak jauh berbeda dengan Microsoft Word 2007. Microsoft Excel juga memiliki bagian-bagian diantaranya ada “Toolbar Menu” dan tombol “Home”. 

Karena Excel juga termasuk buatan Microsoft maka perintah- perintah yang ada tidak begitu berbeda dengan Microsoft Word 2007. 

Hanya saja pada Excel sedikit lebih rumit alasannya ialah kita berurusan dengan data dan rumus- rumus.


Contoh Sederhana Penggunaan Microsoft Excel  2007


Agar lebih paham, disini saya sertakan sebuah pola penggunaan Microsoft Excel yang sederhana sekali. Anggap saja teman seorang penjual buku yang sedang mengadakan diskon besar- besaran untuk produk yang teman jual. 

Nah teman mau memakai Microsoft Excel untuk mengitung berapa harga masing- masing produk sesudah mendapat diskon.Terlebih dahulu teman menciptakan tabel daftar produk dan harga. Sobat sanggup membuatnya ibarat ini

 Microsoft Ofice merupakan software yang digunakan untuk perkantoran Mengenal Microsoft Excel 2007
Tabel Pada Microsoft Excel

Kemudian sesudah itu untuk mengitung nilai diskon, maka digunakan rumus perkalian “Harga Produk (Rp)  X Discon (%)”. Setelah itu tinggal harga produk dikurangi dengan jumlah potongan.  

Untuk memudahkan perhitungan kita. Tabel diatas kita modisikasi dengan menambahkan satu lagi kolom diantara “diskon” dan “harga sesudah diskon” kita namai dengan “jumlah diskon”

 Microsoft Ofice merupakan software yang digunakan untuk perkantoran Mengenal Microsoft Excel 2007
Perhitungan 1
Untuk mengisi kolom “jumlah diskon” teman sanggup melakukanya dengan menciptakan rumus perkalian untuk kolom “Harga Produk” dan “Diskon”. 

Sobat ketik pada kolom “Jumlah Diskon” baris pertama = kemudian teman klik baris pertama kolom “Harga Produk” kemudian ketik tanda “*” sesudah itu klik pada baris pertama kolom “Diskon” kemuian tekan Enter. 

Nah sesudah baris pertama terisi dengan perhitungan teman tinggal klik bab pojok kanan bawah kolom “jumlah diskon” yang sudah terhitung kemudian drag ke bawah hingga selesai. Nanti semua kolom akan terisi dengan perhitungan yang sama  ibarat pada baris pertama.

 Microsoft Ofice merupakan software yang digunakan untuk perkantoran Mengenal Microsoft Excel 2007
Perhitungan 2

Nah untuk mengisi kolom selanjutnya juga tidak jauh berbeda dengan sebelumnya. Hanya rumus yang dimasukan dalam kolom tersebut bukan perkalian melainkan pengurangan. Yaitu kolom “ harga produk” dikurangi dengan kolom” jumlah diskon”

 Microsoft Ofice merupakan software yang digunakan untuk perkantoran Mengenal Microsoft Excel 2007
Perhitungan 3
Bagaimana sobat, apakah sudah ada citra mengenai fungsi Microsoft Exel. Nah kuntuk perkenalan saya kira cukup yah. 

Besok kita lanjutkan untuk mulai mempelajari dari dasar ihwal bagaimana cara memakai nya. Sekian dulu pembahasan Mengenal Microsoft Excel 2007 kali ini. Semoga sanggup bermanfaat. Sampai Jumpa !!!

Jangan Lupa Baca Juga :

Panduan Microsoft EXcel 2007 Untuk Pemula



Demikianlah Artikel Mengenal Microsoft Excel 2007

Sekianlah artikel Mengenal Microsoft Excel 2007 kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Mengenal Microsoft Excel 2007 dengan alamat link https://ankerrr.blogspot.com/2018/08/mengenal-microsoft-excel-2007.html


EmoticonEmoticon