Wednesday, August 1, 2018

8 Jenis Virus Komputer Berbahaya & Cara Mengatasinya

8 Jenis Virus Komputer Berbahaya & Cara Mengatasinya - Hallo sahabat Information Technology, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul 8 Jenis Virus Komputer Berbahaya & Cara Mengatasinya, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Software, Artikel Tutorial Komputer, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : 8 Jenis Virus Komputer Berbahaya & Cara Mengatasinya
link : 8 Jenis Virus Komputer Berbahaya & Cara Mengatasinya

Baca juga


8 Jenis Virus Komputer Berbahaya & Cara Mengatasinya

Virus secara umum merupakan sebuah nama yang dipakai untuk menamai sesuatu yang sanggup menginfeksi sesuatu. Tidak hanya pada istilah kesehatan saja, virus juga dipakai dalam bahasa komputer. Virus komputer merupakan salah satu penyebab yang sering menciptakan komputer error atau bahkan rusak alasannya serangan pengganggu tersebut. Terdapat banyak jenis virus komputer yang bisa menyerang perangkat komputer. Virus tersebut sanggup menciptakan jadwal di komputer tidak bisa berjalan.

Virus juga termasuk perangkat lunak komputer, tepatnya perangkat lunak perusak yang sengaja dibentuk oleh seseorang yang tidak bertanggung jawab untuk merusak sistem komputer orang lain dengan tujuan tertentu. Virus juga bisa merusak file atau dokumen yang ada di komputer. Keberadaan virus komputer memang sanggup merugikan. Sebagai tentang kita dan biar kita waspada terhadap banyak sekali macam jenis virus komputer, berikut 8 virus komputer yang umum kita jumpai di dunia digital kini ini berikut cara mengatasinya.

Jenis Virus Komputer Dan Cara Mengatasinya


1. Virus Trojan 

 Virus secara umum merupakan sebuah nama yang dipakai untuk menamai sesuatu yang sanggup m 8 Jenis Virus Komputer Berbahaya & Cara Mengatasinya
http://spywareremovers.com
Jenis virus komputer yang satu ini dianggap sebagai virus paling berbahaya. Jenis virus Trojan merupakan salah satu penyebab komputer kehilangan data. Ha tersebut terjadi alasannya memang virus Trojan umumnya dibentuk untuk keperluan ibarat itu, mengendalikan atau bahkan mencuri data dari sebuah perangkat komputer. Trojan menjadi salah satu dari jenis jenis virus komputer yang harus diwaspadai. 

Penyebaran atau masuknya virus trojan umumnya ketika komputer terhubung dengan internet. Virus komputer tersebut sanggup masuk ke cuilan email atau pun data yang lebih pribadi. Data-data yang tidak disimpan dengan password sangat riskan terjangkit virus Trojan. Untuk mengatasi komputer yang terkena virus Trojan bisa memakai antivirus yang khusus untuk virus Trojan. 

2. Memory resident virus 

 Virus secara umum merupakan sebuah nama yang dipakai untuk menamai sesuatu yang sanggup m 8 Jenis Virus Komputer Berbahaya & Cara Mengatasinya

Jenis virus komputer lainnya yang perlu diwaspadai yaitu memory resident virus. Virus tersebut dibentuk untuk menginfeksi komputer terutama cuilan RAM. Komputer yang terjangkit memory resident virus tentu bisa mengalami kegagalan sistem. Jenis virus komputer dan misalnya ini sanggup menyerang komputer dan berada di dalam memori komputer. Bahayanya yaitu virus ini sanggup aktif ketika komputer dinyalakan. 

Keberadaan jenis virus ini bisa mengganggu sistem atau kerja komputer. Program komputer sanggup berjalan tidak normal bila sudah terjangkit memory resident virus. Jenis virus komputer ini juga paling berbahaya alasannya bisa masuk ke sebuah jadwal yang sedang dibuka. Contoh virus yang termasuk jenis ini yaitu CMJ, meve, MrKlunky, dan Randex. Cara penanganan untuk komputer yang terkena memory resident virus yaitu memakai antivirus. 

3. Direct Action Virus 

 Virus secara umum merupakan sebuah nama yang dipakai untuk menamai sesuatu yang sanggup m 8 Jenis Virus Komputer Berbahaya & Cara Mengatasinya
Virus yang satu ini memiliki kemampuan untuk menginfeksi file, terutama untuk data dengan ekstensi com atau exe. Tujuan utama dari pembuatan direct action virus memang untuk menggandakan atau materi bertindak sendiri ketika dijalankan. Jenis virus komputer berbahaya ini sanggup menginfeksi data atau file yang berada di folder. Folder atau direktori yang ditentukan dalam file AUTOEXE.BAT. Data tersebut selalu berada di root hard disk dan bisa beroperasi atau melaksanakan acara komputer tertentu ketika kondisi boot. 

Direct action virus sanggup bersembunyi di banyak sekali lokasi. Keberadaannya cenderung berubah-ubah sesuai dengan instruksi yang dijalankan. Virus berbahaya tersebut sanggup berpindah ke file baru, tetapi umumnya ditemukan pada hard disk di direktori root. Direct action virus termasuk jenis infector dan misalnya yaitu Viena virus. Proteksi bisa memakai scanner antivirus 

4. Overwrite Virus 

 Virus secara umum merupakan sebuah nama yang dipakai untuk menamai sesuatu yang sanggup m 8 Jenis Virus Komputer Berbahaya & Cara Mengatasinya
https://segiempat.com
Overwrite virus termasuk salah satu jenis virus komputer yang memiliki kemampuan menghapus file tanpa mengubah ukurannya. Hal tersebut sering mengecoh alasannya tidak akan curiga pada file yang terlihat masih sama ukurannya, padahal di dalamnya sudah tidak ada datanya alasannya terinfeksi virus. Contoh jenis virus komputer overwrite antara lain yaitu Trivial.88.D, Trj.Reboot, dan Way. 

Virus tersebut berbahaya bagi data yang ada di dalam komputer. Terutama untuk data-data penting, mengecek data dalam folder bisa dilakukan untuk mengantisipasi komputer terinfeksi overwrite. Apabila ada folder yang tercantum ukuran file, tetapi tidak berisi data maka bisa jadi folder tersebut sudah terkena virus. Proteksi untuk menghindari nanah yang lebih parah yaitu dengan menghapus file yang sudah terinfeksi. Apabila tidak dihapus, file yang sudah terinfeksi tersebut sanggup menyebar ke data lain. 

5. Boot Sector Virus 

 Virus secara umum merupakan sebuah nama yang dipakai untuk menamai sesuatu yang sanggup m 8 Jenis Virus Komputer Berbahaya & Cara Mengatasinya
http://certsrv.ru
Mengenali jenis jenis virus komputer dan cara pencegahannya cukup bermanfaat. Setidaknya tahu ada virus apa saja yang bisa merusak data atau jadwal di dalam komputer. Salah satu jenis virus yang berbahaya bagi komputer yaitu boot sector virus. Jenis virus tersebut sanggup mengganggu sektor boot pada sebuah hard disk. Padahal di dalam disk terdapat isu penting dari disk dan programnya. 

Virus berbahaya yang satu ini sering disebut juga sebagai master boot sector virus dan master boot record virus. Keberadaan jenis virus komputer tersebut bisa berada di memori sampai DOS. Virus bisa mengakses floopy disk dan menginfeksi data yang dibuka. Contoh virusnya ibarat AntiEXE dan Polyboot.B. Memastikan floppy disk dilindungi dengan write protect yaitu cara terbaik untuk menghindari penyebaran boot sector virus. 

6. Macro Virus 

 Virus secara umum merupakan sebuah nama yang dipakai untuk menamai sesuatu yang sanggup m 8 Jenis Virus Komputer Berbahaya & Cara Mengatasinya
https://www.2-viruses.com
Program yang berisi macro ibarat Xls, Pps, doc, dan Mdb yaitu cuilan yang bisa terinfeksi macro virus. Secara otomatis, jenis virus komputer ini akan menginfeksi file macro tersebut dan bisa menyebar ke cuilan template serta dokumen. Nama lain dari macro virus yaitu virus e-mail. Sesuai namanya, macro virus atau virus e-mail sanggup bersembunyi di dokumen atau file yang dibagikan melalui jaringan internet ibarat email. Contoh dari jenis macro virus antara lain yaitu Melissa.A, Bablas, Relax, dan O97M/Y2K. Untuk melindungi komputer dari macro virus sebaiknya menonaktifkan macro. Selain itu hindari juga membuka dokumen yang dikirim oleh alamat email tidak dikenal. 

7. Companion Virus 
 Virus secara umum merupakan sebuah nama yang dipakai untuk menamai sesuatu yang sanggup m 8 Jenis Virus Komputer Berbahaya & Cara Mengatasinya
Jenis virus ini juga berbahaya dan bisa mengganggu data yang ada di dalam komputer. Companion virus bisa menciptakan file gres dengan nama yang sama, tetapi berbeda ekstensi. Misalnya ada file dengan nama you.exe, maka file samaran dari virus ini yaitu you.com. Hal tersebut bisa berbahaya, terutama ketika komputer dijalankan dengan jadwal tersebut. Seperti ketika komputer memerintahkan file you dengan ekstensi .exe, tetapi yang keluar dan dijalankan yaitu file dengan ekstensi .com. 

Kondisi tersebut berarti komputer membuka dan menjalankan companion virus. Jenis virus komputer ini kemudian bisa menginfeksi lebih dalam atau ke sistem komputer. Contoh dari companion virus yaitu Asimov.1539, Terrax.1069, dan Stator. Untuk mencegah ancaman nanah dari virus tersebut, komputer bisa memasang scanner antivirus. Supaya lebih aman, juga bisa dengan mengunduh Firewall. 

8. FAT Virus 


Jenis virus komputer dan cara mengatasinya sanggup dipelajari untuk bisa menangani bila komputer terinfeksi. Jenis virus yang cukup berbahaya bagi komputer yaitu FAT virus. FAT merupakan kependekan dari file allocation table. Sesuai namanya, FAT virus menyerang cuilan file allocation table yang berisi semua isu ruang komputer. 

Jenis virus tersebut berbahaya alasannya bukan hanya menginfeksi tetapi juga bisa menutup jalan masuk ke cuilan tertentu. Salah satu pola FAT virus yaitu link virus. Proteksi dari virus ini bisa dilakukan dengan menghapus file pada hard drive yang tidak diharapkan alasannya bisa jadi file tersebut yaitu data yang dibentuk oleh virus. 


Setiap jenis virus komputer memiliki cara menginfeksi yang berbeda-beda. Begitu juga untuk penanganan nanah yang dilakukan virus, namun memakai antivirus bisa menjadi pertahanan dasar untuk komputer. Memilih antivirus yang sempurna dan terus melaksanakan update akan menciptakan komputer terhindar dari banyaknya virus komputer yang berbahaya dan menyelamatkan data-data yang ada pada komputer.



Demikianlah Artikel 8 Jenis Virus Komputer Berbahaya & Cara Mengatasinya

Sekianlah artikel 8 Jenis Virus Komputer Berbahaya & Cara Mengatasinya kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel 8 Jenis Virus Komputer Berbahaya & Cara Mengatasinya dengan alamat link https://ankerrr.blogspot.com/2018/08/8-jenis-virus-komputer-berbahaya-cara.html


EmoticonEmoticon