Wednesday, August 29, 2018

Sistem Operasi Komputer, Pengertian Dan Juga Macamnya

Sistem Operasi Komputer, Pengertian Dan Juga Macamnya - Hallo sahabat Information Technology, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Sistem Operasi Komputer, Pengertian Dan Juga Macamnya, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Komputer Dasar, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Sistem Operasi Komputer, Pengertian Dan Juga Macamnya
link : Sistem Operasi Komputer, Pengertian Dan Juga Macamnya

Baca juga


Sistem Operasi Komputer, Pengertian Dan Juga Macamnya

Komputer merupakan suatu perangkat elektronik yang tersusun dari tiga komponen perangkat, yaitu perangkat pengguna komputer (brainware), perangkat keras komputer (hardware), dan perangkat lunak komputer (software). Dari ketiga komponen tersebut, perangkat lunak merupakan perangkat yang paling penting bagi komputer. Perangkat lunak terdiri dari kegiatan aplikasi serta sistem operasi.Sistem operasi komputer merupakan jantung bagi komputer.


Komputer tidak bisa melaksanakan perintah jikalau di dalamnya tidak terdapat sistem operasi komputer. Secara ringkas, pengertian sistem operasi komputer merupakan perangkat lunak yang mempunyai kiprah untuk mengendalikan perangkat keras komputer serta menjalankan aplikasi yang ada pada komputer ibarat Microsoft Office dan browser.

Baca juga : Sejarah komputer dari generasi ke generasi

Sistem operasi komputermengalami perubahan seiring dengan kecanggihan teknologi. Secara umum, perkembangan dari sistem operasi terdiri dari empat generasi, antara lain:

Generasi Pertama

Sistem operasi komputerpada generasi pertama masih dilakukan secara manual. Pada generasi pertama, setiap komponen komputer harus dijalankan sendiri-sendiri. Tidak ada kesatuan antara komponen sistem operasi.

Generasi Kedua

Generasi kedua dari sistem operasi sudah mengalami perkembangan. Sistem operasi tidak lagi bangkit sendiri-sendiri. Sistem operasi sudah menjadi satu kesatuan atau rangkaian yang dikenal dengan istilah Batch Processing System.

Generasi Ketiga

Sistem operasi di komputer mengalami perkembangan yang signifikan. Sistem operasi pada generasi ketiga mendukung komputer untuk melaksanakan banyak sekali macam pekerjaan dalam satu waktu. Sistem operasi pada generasi ketiga didukung fitur multi-user (pengguna yang beragam), multi-program (program yang beragam, dan multi-task (tugas yang beragam).

Generasi Keempat

Sistem operasi pada generasi keempat mempunyai fitur yang lebih canggih. Sistem operasi pada generasi ini didukung oleh fitur GUI (Graphical User Interface). Dengan fitur ini, sistem operasi mempunyai tampilan gambar atau ikon yang gampang dipahami.Tidak ibarat sistem operasi pada generasi sebelumnya yang masih memakai bahasa pemrograman atau rumus tertentu.

Generasi Kelima

Generasi kelima merupakan generasi paling canggih yang ada pada sistem operasi di komputer. Sistem operasi pada generasi kelima mempunyai server yang berbasis website.Sehingga, diharapkan jaringan internet untuk menjalankan sistem operasi ini. Selain itu, ada sistem operasi mobile yang gampang untuk dioperasikan. Sistem operasi yang berbasis mobile biasanya dipakai pada laptop dan smart phone.

Sistem operasi komputer tersusun bagian-bagian di bawah ini.

Handler

Handler merupakan serpihan dari sistem operasi dalam komputeryang mempunyai fungsi untuk mengendalikan sistem yang ada di dalam perangkat komputer.Tugas dari handler yakni untuk memastikan tidak terjadi kekeliruan atau problem saat komputer sedang dijalankan.Selain itu, handler berfungsi sebagai penghemat sumber daya.Sehingga, komputer tidak menyedot terlalu banyak daya listrik.

Driver

Driver yakni serpihan dari sistem operasi komputeryang mempunyai fungsi sebagai pengendali kinerja perangkat keras komputer. Driver memegang peranan penting dalam interaksi antara perangkat lunak komputer dengan perangkat keras komputer. Setiap perangkat keras komputer niscaya mempunyai driver masing-masing.

Resource Allocator

Salah satu serpihan penting dalam sistem operasi komputer yakni resource allocator. Fungsi sistem operasi pada komputer yang satu ini yakni untuk mengalirkan sumber daya listrik ke dalam komputer serta mengatur berapa banyak sumber daya yang dikonsumsi oleh perangkat komputer.

Shell

Shell yakni serpihan dari sistem operasi komputeryang kerap disebut command interpreter. Komponen sistem operasi ini mempunyai fungsi untuk menginterpretasikan input dari perangkat pengguna komputer. Input ini berupa perintah untuk menjalankan aplikasi yang diminta oleh perangkat pengguna komputer.

Boot Mekanisme

Bagian inti dari sistem operasi komputerdisebut boot prosedur atau mechanism boot. Komponen ini berfungsi untuk menjalankan prosesor biar komputer sanggup berfungsi sebagaimana mestinya.

Selain itu, sistem operasi yang ada pada komputer tidak hanya terdiri dari satu jenis. Ada beberapa macam sistem operasi komputer yang dikeluarkan oleh perusahaan perangkat komputer yang berbeda-beda.


Contoh Sistem Operasi Komputer


Microsoft Windows

Komputer merupakan suatu perangkat elektronik yang tersusun dari tiga komponen perangkat Sistem Operasi Komputer, Pengertian Dan Juga Macamnya

Microsoft Windows merupakan sistem operasi di komputer yang paling banyak dipakai oleh pengguna komputer di seluruh dunia. Sistem operasi Microsoft Windows dikembangkan oleh perusahaan Microsoft Windows yang berada didirikan oleh Bill Gates. Microsoft Windows merupakan sistem operasi yang memakai sistem GUI (Graphical User Interface). Dengan tampilan tersebut, sistem operasi ini mempunyai tampilan yang gampang dipahami oleh pengguna komputer. Sistem operasi Microsoft Windows sendiri mengalami beberapa kali perkembangan untuk membuat sistem operasi yang paling unggul. Pengembangan terbaru dari sistem operasi Microsoft Windows yakni Microsoft Windows 8.

IBM

Salah satu teladan sistem operasi komputer yang mempunyai banyak pengguna yakni IBM.IBM merupakan sistem operasi yang dirilis oleh dua perusahaan perangkat komputer terbesar di dunia, yaitu International Business Machine Corporation dan Microsoft Corporation. Sistem operasi IBM merupakan sistem operasi untuk menggantikan sistem operasi DOS yang sudah ketinggalan jaman.Sistem operasi ini mempunyai desain yang mendukung mikro prosesor dari Intel. Sistem operasi IBM dilengkapi pula dengan fitur Protected Mode yang membantu menjalankan kiprah komputer yang banyak tanpa mengakibatkan kendala.

Macintosh Operating System

Komputer merupakan suatu perangkat elektronik yang tersusun dari tiga komponen perangkat Sistem Operasi Komputer, Pengertian Dan Juga Macamnya

Macintosh Operating System atau MAC merupakan sistem operasi yang dirancang oleh perusahaan Apple Computer yang dirintis oleh Steve Jobs.Sistem operasi MAC tidak bisa dipakai untuk sembarang komputer.Hanya komputer yang diproduksi oleh Apple Computer yang sanggup memakai sistem operasi MAC. Sistem operasi MAC mempunyai banyak keunggulan dibandingkan sistem operasi yang lain. Sistem operasi MAC mempunyai performa yang stabil, walau kiprah yang harus dijalankan oleh komputer berjumlah banyak. Sistem operasi MAC mempunyai tampilan atau user interface yang menarik serta gampang dipahami. Selain itu, keunggulan dari sistem operasi MAC yakni kondusif dari malware atau virus yang sanggup merusak komputer.

UNIX

Komputer merupakan suatu perangkat elektronik yang tersusun dari tiga komponen perangkat Sistem Operasi Komputer, Pengertian Dan Juga Macamnya

Sistem operasi UNIX merupakan sistem operasi yang dirancang oleh Ken Thompson dan Dennis Ritchie. Sistem operasi ini merupakan sistem operasi yang portabel. Sistem operasi ini sanggup dipakai oleh beberapa pengguna komputer (multi–user) serta bisa menjalankan beberapa kiprah komputer dalam satu waktu (multi-tasking). Sistem operasi UNIX masih memakai TCB atau Text Command Based. Sehingga, sistem operasi ini masih memakai kalimat atau rumus untuk menjalankan perintah. Sistem operasi UNIX mempunyai kompabilitas yang tinggi.Sehingga, banyak perusahaan yang menyalin dan menyebarkan sistem operasi gres yang menurut sistem operasi UNIX.

LINUX

Komputer merupakan suatu perangkat elektronik yang tersusun dari tiga komponen perangkat Sistem Operasi Komputer, Pengertian Dan Juga Macamnya

Linux merupakan sistem operasi yang dirancang oleh Linus Trovalds. Sistem operasi Linux berasal dari pengambangan sistem operasi UNIX.Sistem operasi komputerini kerap disebut sebagai Minix atau versi mini dari sistem operasi Unix. Linux bahwasanya masih memakai Command Line Interface. Namun, sistem operasi Linux sanggup diubah menjadi Graphical User Interface sesuai dengan jenis perangkat komputer. Sistem operasi Linux mempunyai kelebihan yaitu tidak berbayar dan sanggup didistribusikan tanpa royalti. Hal ini membuat Linux semakin terkenal alasannya yakni bisa dipakai secara gratis.

Baca juga : Bahas tuntas, jenis - jenis jaringan komputer



Demikianlah Artikel Sistem Operasi Komputer, Pengertian Dan Juga Macamnya

Sekianlah artikel Sistem Operasi Komputer, Pengertian Dan Juga Macamnya kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Sistem Operasi Komputer, Pengertian Dan Juga Macamnya dengan alamat link https://ankerrr.blogspot.com/2018/08/sistem-operasi-komputer-pengertian-dan_29.html


EmoticonEmoticon