Friday, August 31, 2018

Sejarah Komputer Lengkap Dari Generasi Ke Generasi

Sejarah Komputer Lengkap Dari Generasi Ke Generasi - Hallo sahabat Information Technology, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Sejarah Komputer Lengkap Dari Generasi Ke Generasi, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Komputer Dasar, Artikel Pemula, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Sejarah Komputer Lengkap Dari Generasi Ke Generasi
link : Sejarah Komputer Lengkap Dari Generasi Ke Generasi

Baca juga


Sejarah Komputer Lengkap Dari Generasi Ke Generasi

Komputer menjadi salah satu perangkat penting yang diharapkan di kurun modern menyerupai sekarang.Berbagai model dan tipe komputer yang semakin canggih dengan desain manis terus bermunculan.Namun, awal komputer muncul tidak secanggih ataupun sebagus sekarang. Sejarah komputer pada awal penemuannya mempunyai bentuk yang cukup besar dan jauh berbeda dengan komputer sekarang. Komputer yang kini merupakan komputer generasi kelima. Sebelumnya ada komputer-komputer yang belum terlalu tepat dari generasi ke generasi. Dan berikut ialah perkembangan dari perangkat komputer dari awal inovasi hingga sekarang.


Perkembangan Dan Sejarah Komputer Dari Generasi Pertama Hingga Sekarang 


Komputer pada generasi pertama, kedua, ketiga, keempat, hingga kelima mempunyai perbedaan pada bentuk atau pun kemampuannya.Berikut ulasan untuk sejarah komputer lengkap dari awal hingga sekarang.

1. Penemuan komputer

Nama Charles Babbage dikenal sebagai bapak komputer. Nama tersebut tercantum dalam sejarah komputer sebagai penemu pertama dari teknologi yang kini disebut komputer.Beliau merupakan spesialis matematika asal Inggris. Kesulitan-kesulitan perhitungan memakai tabel matematika, memotivasi seorang Charles Babbage untuk membuat cara semoga bisa menghitung secara mekanik dan mengurangi kesalahan-kesalahan yang sering terjadi pada perhitungan biasa. 

Bapak komputer ini kemudian menemukan mesin penghitung yang disebut sebagai Difference Engine pertama. Setelah kepergian Charles Babbage, mesin diferensial temuannya dilanjutkan dan dirakit oleh anaknya.Walaupun tidak membuat komputer menyerupai sekarang, tetapi inovasi mesin tersebut menjadi salah satu kepingan yang dikembangkan dalam teknologi komputer sekarang.

Penemuan Charles Babbage ini memang sangat penting dalam sejarah komputer dan bermanfaat hingga sekarang.Sosok bapak komputer ini juga diketahui mempunyai banyak inovasi lain. Mulai dari sistem pos yang dijalankan di Inggris, pilot kereta api atau kepingan paling depan lokomotif yang bekerja membersihkan rel dari benda-benda yang sanggup mengganggu perjalanan kereta. 

Ilmuwan yang lahir tahun 1971 ini mendapat banyak penghargaan atas penemuan-penemuannya, terutama untuk teknologi diferensial yang sangat penting pada sejarah komputer.Bapak komputer ini juga diberi gelar profesor matematika dari Universitas Cambridge. Pemerintah Inggris memperlihatkan dana untuk penelitian Babbage. Sampai pada risikonya di tahun 1942, tunjangan dana untuk Babbage dilarang oleh pemerintah Inggris.

Baca : Jenis - Jenis Jaringan Komputer & Penjelasannya

2. Komputer Generasi Pertama

Komputer menjadi salah satu perangkat penting yang diharapkan di kurun modern menyerupai sekara Sejarah Komputer Lengkap Dari Generasi ke Generasi

Jauh berbeda dari komputer kini yang beratnya hanya 2 hingga 4 kilo.Komputer generasi pertama mempunyai berat mencapai 30 ton pada kepingan mesinnya. Sejarah komputer pada generasi pertama ini memang menarik untuk dibahas. Jika melihat komputer kini dan generasi pertama, niscaya sangat terang terlihat perbedaannya. Mulai dari ukurannya hingga cara kerja dan kemampuan komputernya. 

Tahun 1937, muncul ABC atau Atanasoff Berry Computer yang dianggap sebagai komputer elektronik pertama. Beberapa tahun kemudian, muncul lagi ENIAC atau Electronic Numerical Integrator dan Calculator.Teknologi digital elektronik tersebut merupakan rancangan dari John Mauchly dan J. Presper Eckert. Rancangan yang sesungguhnya sudah ada semenjak 1942 tersebut gres dikerjakan dan selesai tahun 1946 di Universitas Pennsylvania yang dulunya ialah Moore School of Electrical Engineering.

Sejarah perkembangan komputer pada tahun 1946 hingga 1959 atau generasi pertama ini tentu berbeda dari komputer sekarang. Komputer yang disebut sebagai ENIAC tersebut mempunyai 10 ribu kapasitor, 70 ribu resistor, 75 ribu saklar, dan 18 ribu tabung hampa udara. Sudah sangat terang bentuknya yang begitu besar dan bahkan untuk tempatnya membutuhkan ruang yang luas hingga 500 meter persegi.

Sejarah komputer pada generasi ini memang mempunyai ukuran besar.Daya listrik untuk menjalankan mesinnya bahkan mencapai 140 kilowatt. Mesin dari komputer pertama ini juga membutuhkan ruangan yang luas hingga 167 meter persegi. Kemampuan atau aktivitas komputernya juga tidak sama menyerupai sekarang. Pada generasi pertama tersebut, komputer dikembangkan untuk peluru kendali dan desain pesawat.Program komputer pada generasi pertama disebut sebagai machine language.

3. Komputer Generasi Kedua

Tahun 1960an penggarapan komputer mulai dilakukan oleh para ilmuwan.Sejarah komputer pada generasi kedua ini mulai dikembangkan dengan transistor yang membuat komputer lebih kecil dari generasi sebelumnya. Penggunaan transistor tersebut juga membuat komputer sanggup bekerja dengan lebih maksimal.

Komputer menjadi salah satu perangkat penting yang diharapkan di kurun modern menyerupai sekara Sejarah Komputer Lengkap Dari Generasi ke Generasi

Bahasa mesin pada komputer pun diganti dengan bahasa assembly pada komputer generasi kedua ini.Pada awal tahun 1960 komputer sudah cukup sukses dan dipakai untuk banyak sekali bidang.Tidak menyerupai generasi pertama yang lebih pada perhitungan, komputer generasi kedua yang sudah memakai transistor ini dipakai pada instansi pemerintahan dan perguruan tinggi tinggi untuk pengerjaan suatu perhitungan ilmiah.Namun harga mesin ini memang masih sangat mahal.

Selain ukuran yang lebih kecil dari komputer generasi pertama, kemampuannya juga lebih cepat dan bisa melaksanakan real sharing dan juga proses secara real time. Daya listrik yang dipakai pada komputer generasi kedua juga lebih kecil. Komputer generasi kedua ini merupakan sejarah komputer yang sukses di pasaran. 

Hal tersebut alasannya ialah bukan hanya untuk aktivitas bisnis, komputer generasi kedua sudah bisa diterapkan keuntungannya untuk bidang pendidikan, industri, dan kesehatan. Komputer generasi kedua ini pun mempunyai kemampuan untuk mencetak data, menghitung daftar gaji, hingga mendesain sebuah produk.Walaupun sudah lebih baik dari sebelumnya, komputer generasi kedua masih mempunyai kekurangan yaitu pada transistor. Sejarah komputer dan perkembangannya pada generasi kedua ini mempunyai kekurangan pada transistor yang dipakai ternyata membuat komputer panas dan bisa merusak komponen internal lainnya.

4. Komputer Generasi ketiga 

Komputer menjadi salah satu perangkat penting yang diharapkan di kurun modern menyerupai sekara Sejarah Komputer Lengkap Dari Generasi ke Generasi

Berganti pada komputer generasi ketiga yang berkembang sangat pesat semenjak 1964 hingga 1970. Jack Billy yang merupakan seorang ilmuwan berhasil membuat inovasi gres yaitu integrated circuit atau IC. Chip kecil tersebut ialah hasil penelitian Jack Bill untuk mengatasi duduk perkara transistor yang mengakibatkan panas pada komputer sebelumnya. Komputer dengan transistor pun perlahan mulai ditinggalkan.

Sejarah komputer generasi ketiga yang paling inovatif ialah penggunaan IC tadi yang sanggup menjadi daerah pemasangan untuk banyak komponen komputer. IC tersebut juga masih dipakai pada mesin komputer sekarang. Di dalam IC komputer generasi kedua ini terpasang 6 buah transistor.Memang sedikit, dan jauh berbeda dengan komputer kini yang mempunyai jutaan transistor pada prosessornya.

Berbeda dari komputer sebelumnya, komputer generasi ketiga sudah lebih canggih alasannya ialah bisa dipakai untuk berkomunikasi antara satu komputer dengan komputer lain. Inovasi IC pada prosesor komputer membuat sejarah komputer generasi ketiga mempunyai kinerja yang lebih cepat dan bisa untuk multiprocessing. Komputer generasi kedua ini mempunyai kecepatan proses 10 ribu kali lipat dari komputer pertama. 

Untuk menyalakan komputer juga tidak memakai daya listrik yang terlalu besar menyerupai sebelumnya. Selain daya listrik yang turun, harga komputer juga turun dan lebih murah dari komputer generasi kedua. Kapasitas memori komputer generasi ketiga ini juga lebih besar dengan teknologi yang disebut magnetic core storage.

Baca juga : Cara melihat spek komputer dengan sangat mudah

5. Komputer Generasi Keempat 

Komputer menjadi salah satu perangkat penting yang diharapkan di kurun modern menyerupai sekara Sejarah Komputer Lengkap Dari Generasi ke Generasi
Sejarah komputer dari masa ke masa terus berkembang pesat.Pada komputer generasi keempat contohnya yang lebih ringkas ukurannya. IC yang dipakai untuk komputer generasi ini juga dibuatkan dalam chip tunggal yang mempunyai kemampuan untuk menampung komponen internal komputer dengan jumlah mencapai ribuan. Sudah bermunculan perusahaan-perusahaan yang membuat IC dan teknologi komputer yang lebih baru. Seperti teknologi LSI atau Large Scale Integration yang juga disebut sebagai Bipolar LSI. 

Chip kecil berbentuk persegi empat menjadi kemajuan di dunia komputer. Chip tersebut membuat komputer lebih cepat dan ukurannya juga lebih kecil. Pada perkembangannya chip untuk LSI ini berkembang menjadi VLSI atau Very LSI. Chip dengan ratusan ribu IC. Teknologi tersebut terus dikembangkan hingga muncul komputer mikro.Semikonduktor dan kepingan mikroprosesor juga dibentuk dalam bentuk chip.

Pada tahun 1970an muncul perusahaan yang memperkenalkan mikrokomputer 4 bit.Perusahaan tersebut ialah Intel yang mempunyai teknologi canggih yang juga dipakai pada komputer-komputer sekarang. Pada komputer generasi keempat ini, chip yang dipakai untuk prosesor berisi 230 transistor yang bisa menjalankan 60 ribu operasi dalam hitungan detik. Muncul lagi teknologi mikrokomputer 8 bit yang dikeluarkan Intel pada tahun 1972. 

Sejarah komputer pada masa ini dikenal dengan kepingan layar monitornya yang memakai green color atau satu warna saja.Komputer pada generasi keempat ini sudah banyak dibentuk oleh perusahaan-perusahaan komersial besar. Bedanya dari komputer kini ialah komputer generasi keempat tidak memakai standar komputer menyerupai PC. Bahasa yang dipakai dalam pemrograman komputer generasi keempat ini sudah memakai Microsoft Basic dengan CPM untuk sistem kontrol pada pengoperasiannya.

6. Komputer Generasi Kelima 


Sejarah komputer generasi kelima dimulai semenjak tahun 2000an sebagai komputer yang dikenal kini ini. Tentunya sudah memakai PC sebagai standar komputernya. Ada banyak perusahaan yang menyebarkan teknologi komputer. Seperti Intel dan Microsoft yang membuat teknologi PC pada sebuah komputer yang lebih canggih.Kini Teknologi PC dari perusahaan Bill Gates tersebut dipakai sebagai standar internasional untuk software dan hardware komputer. 

Sejarah komputer dikala ini sudah sangat pesat dan semakin canggih.Perkembangan generasi kelima ini lah yang kemudian mengenal pentium sebagai salah satu mikroprosesor canggih untuk komputer.Banyak yang menyebut perkembangan komputer dikala ini sebagai generasi pentium. Teknologi prosesor tersebut benar-benar canggih dan bisa menjalankan proses dengan kecepatan hingga 2 GHz.

Pada generasi pertama komputer memakai tabung hampa, transistor pada generasi kedua. Berlanjut pada generasi ketiga yang memakai IC dan generasi keempat memakai VLSI.Peningkatan kemampuan komputer generasi kelima benar-benar lebih maju dan modern dengan penggunaan mikroprosesor ULSI pada generasi kelima ini. Sejarah komputer dari generasi ke generasi yang paling banyak terjadi pada generasi kelima ini. 

Chip yang dipakai untuk menyimpan komponen internal, membuat kinerja komputer yang lebih cepat dan ukurannya pun lebih kecil. Bisa dilihat dari komputer-komputer kini yang lebih kecil kepingan PC-nya. Layar monitor pada komputer kini pun mempunyai jutaan warna dengan resolusi yang semakin tajam. Sejarah komputer yang dimulai dari bentuknya yang sangat besar, kini tampil dengan bentuk yang lebih kecil bahkan bisa dipindah-pindahkan. Seperti perangkat laptop yang menjadi bukti perkembangan dunia komputer.

Baca juga :
Sejarah komputer ini tentunya akan terus berkembang, apalagi sudah banyak perusahaan dan hebat komputer yang terus berusaha membuat teknologi gres pada komputer. Komputer di masa mendatang bahkan digadang-gadang bisa meramalkan masa depan. Demikian perkembangan dari sejarah komputer semenjak awal penemuannya hingga berkembang menjadi perangkat yang canggih menyerupai sekarang.



Demikianlah Artikel Sejarah Komputer Lengkap Dari Generasi Ke Generasi

Sekianlah artikel Sejarah Komputer Lengkap Dari Generasi Ke Generasi kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Sejarah Komputer Lengkap Dari Generasi Ke Generasi dengan alamat link https://ankerrr.blogspot.com/2018/08/sejarah-komputer-lengkap-dari-generasi_31.html


EmoticonEmoticon