Tuesday, September 25, 2018

Macam Macam Jaringan Internet Yang Banyak Dipakai Ketika Ini

Macam Macam Jaringan Internet Yang Banyak Dipakai Ketika Ini - Hallo sahabat Information Technology, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Macam Macam Jaringan Internet Yang Banyak Dipakai Ketika Ini, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Internet, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Macam Macam Jaringan Internet Yang Banyak Dipakai Ketika Ini
link : Macam Macam Jaringan Internet Yang Banyak Dipakai Ketika Ini

Baca juga


Macam Macam Jaringan Internet Yang Banyak Dipakai Ketika Ini

Internet terdiri dari jaring-jaring komunikasi yang terhubung secara elektronik. Jaring-jaring tersebut mempunyai koneksi sangat luas dan tertata dengan jangkauan seluruh dunia melalui koneksi yang dilakukan oleh satelit. Jadi, internet yaitu jaringan komputer yang mempunyai jangkauan sangat luas. Jaringan internet ini dibagi menjadi beberapa macam. Adapun macam macam jaringan internet tersebut yaitu sebagai berikut.

Jaringan Internet Berdasarkan Jangkauannya


Sebelum kita mencari tahu perihal macam macam jaringan internet, ada baiknya untuk mengetahui apa bahwasanya jaringan internet itu. Jaringan internet yaitu campuran dari suatu jaringan internet dengan beberapa perangkat komputer yang saling terhubung dengan jangkauan tertentu. Pengertian jaringan internet sudah dibahas pada bahasan diatas, sekarang saatnya kita mengetahui jenis jenis jaringan internet yang dibagi menurut jangkauannya.

1. PAN

jaring komunikasi yang terhubung secara elektronik Macam Macam Jaringan Internet Yang Banyak Digunakan Saat Ini

PAN yaitu abreviasi dari personal area network. Sistem jaringan internet PAN yaitu sistem jaringan internet yang paling sederhana yang terdiri dari perseorangan dengan batas jangkauan yang sangat pendek. Adapun batasnya yaitu sekitar 10 m. Anda mungkin akan merasa absurd dengan sistem jaringan ini, padahal, Anda mungkin memilikinya. Salah satu teladan sistem PAN yaitu bluetooth yang ada pada banyak sekali fitur termasuk pada Smartphone yang Anda miliki.

2. HAN

jaring komunikasi yang terhubung secara elektronik Macam Macam Jaringan Internet Yang Banyak Digunakan Saat Ini

HAN yaitu abreviasi dari Home Area Network, jadi, menyerupai namanya, jaringan internet ini hanya menjangkau seluas rumah saja. Jaringan ini juga termasuk jaringan yang sangat jarang digunakan. Jaringan HAN ini biasanya ada pada internet yang dihubungkan dengan memakai alat bantu router yang dipasang di rumah untuk menunjukkan susukan internet dengan jangkauan yang terbatas.

3. LAN

jaring komunikasi yang terhubung secara elektronik Macam Macam Jaringan Internet Yang Banyak Digunakan Saat Ini

Lebih luas dari HAN dan PAN, local area network atau LAN merupakan sistem jaringan komputer yang mempunyai luasan jangkauan satu wilayah dengan ukuran kecil. Biasanya, cakupannya tidak lebih dari 1 km2. LAN biasanya dipakai sebagai jaringan internet yang dipakai dalam satu gedung. Jaringan ini dibangun dengan memakai kabel IEEE 802.3. Kabel ini yaitu kabel Istimewa yang sanggup menghubungkan satu perangkat komputer dengan sebuah jaringan. Contoh yang paling gampang dari jaringan ini ada pada kemudahan warung internet.

4. MAN

jaring komunikasi yang terhubung secara elektronik Macam Macam Jaringan Internet Yang Banyak Digunakan Saat Ini

Pengembangan dari jaringan LAN yaitu jaringan MAN atau metropolitan area network. Jangkauan jaringan ini lebih luas dibandingkan dengan LAN. Kisaran luasan yang sanggup dicakup yaitu 10 hingga dengan 50 km2. Anda sanggup dengan gampang terhubung dengan komputer yang berada di dalam satu provinsi dengan radius maksimal 50 km. Anda sanggup berkirim informasi dengan sangat cepat memakai sistem jaringan ini, namun, jangkauannya yang masih terbatas menjadi salah satu kelemahannya. 

5. WAN

jaring komunikasi yang terhubung secara elektronik Macam Macam Jaringan Internet Yang Banyak Digunakan Saat Ini

Nah, jaringan internet yang paling luas yaitu WAN atau wide are network yang cakupannya sanggup mencapai seluruh negara. Jaringan ini disusun dengan menggabungkan beberapa LAN menyerupai halnya MAN. Hal yang membedakan yaitu jumlah LAN yang dihubungkan lebih banyak dibandingkan dengan MAN.

Itu tadi ulasan mengenai jaringan internet yang dibedakan menurut luasan atau jangkauan wilayahnya. Selain menurut hal tersebut, Anda juga sanggup membedakannya menurut distribusi sumber informasi. Macam macam jaringan internet menurut distribusi dari sumber informasi atau data yang ada sanggup dibedakan menjadi dua yaitu jaringan terdistribusi



Demikianlah Artikel Macam Macam Jaringan Internet Yang Banyak Dipakai Ketika Ini

Sekianlah artikel Macam Macam Jaringan Internet Yang Banyak Dipakai Ketika Ini kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Macam Macam Jaringan Internet Yang Banyak Dipakai Ketika Ini dengan alamat link https://ankerrr.blogspot.com/2018/09/macam-macam-jaringan-internet-yang.html


EmoticonEmoticon